BAB 1

BAB I
PENDAHULUAN

1. 1 Latar Belakang Masalah
Informatika sebagai suatu ilmu dan computer sebagai alat yang telah memunculkan banyak istilah – istilah baru yang kian bertambah. Keterbatasan dan kurannya pemahaman setiap orang akan istilah – istiilah informasi teknologi. Dengan adanya aplikasi yang saya buat pemakai yang kurang memahami istilah – istilah akan segera menumukan apa yang akan diartikan.Sehingga pemakai tidak perlu membeli buku atau mencari – mencari isilah – istilah yang ingin dicari.

Oleh karena itu Penulis membuat kamus Istilah – Istilah Komputer Dan Informatika ini, karena merasa sangat pentingnya ini bagi kita semua khususnya bagi diri Penulis sendiri yang kesehariannya berkecimpung dalam dunia IT. Dan Penulis juga mengharapkan kamus ini dapat membantu kita untuk memperkaya perbendaharaan kata-kata dalam dunia komputer.

Pada kamus manual semakin banyak kata yang ditampung maka semakin berat pula kamus itu. Belum lagi kesulitan dalam mencari kata yang dimaksud. Dengan adanya kamus elektronik bahasa Istilah – Istilah Komputer dan Informatika pemakai tidak perlu lagi membawa kamus yang berat dan proses pencariannya juga akan semakin cepat dan lebih mudah.

1. 2. Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini penulis hanya membatasi pada penyajian data dan pencarian informasi kata – kata yang umum dari bahasa yang ada didalam komputer,
1.3. Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah komputerisasi Kamus Istilah-Istilah Komputer dan Informatika.Indonesia. Selain dari itu juga kamus elektronik ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan cara kerja para pemakai, menambah pengetahuan bagi yang ingin belajar bahasa istilah-istilah yang ada pada komputer dan informatika. Dan mempermudah kita apabila menemukan kesulitan dalam mengartikan sebuah kata – kata atau istilah – istilah yang kita temukan dalam pekerjaan kita. Penulis juga bertujuan untuk dapat memperkaya perbendaharaan kata – kata dalam komputer pada diri pemakai pada umumnya dan juga khususnya bagi penulis sendiri.

1. 4. Metode Penulisan
Dalam penulisan ini penulis menggunakan studi pustaka, dan studi obsevasi yang meliputi pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan data :
1. Studi pustaka
Dalam metode ini sumber yang didapat dari buku – buku yang mengenai tentang hal – hal mengenai Istilah – Istilah yang ada pada komputer.
2. Studi Observasi
Dilakukan dengan melakukan penelitian di masyarakat dimana mungkin ada penambahan kata-kata yang baru yang belum masuk dalam kamus bahasa.
3. Penulisan Program
Dilakukan dengan cara menulis kode program dengan menggunakan bahasa pemrograman SQL

1. 5. Sistematika Penulisan
Untuk memberikan kemudahan-kemudahan dan kejelasan yang dapat mengerti oleh kita semua terutama didalam Penulisan Ilmiah ini, Penulis membagi dan menggulungkan isi Penulisan Ilmiah ini berdasarkan Bab demi Bab yang secara sistematis disusun sebagai berikut :

Bab 1 Pendahuluan
Pada Bab ini Penulis menguraikan alasan Penulis memilih Judul Penulisan Ilmiah. Didalam Bab ini Penulis juga mengemukakan latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sitematika penulisan yang memberikan gambaran secara singkat tentang keseluruhan materi Penulisan Ilmiah ini.
Bab II Landasan Teori
Pada bab ini penulis menjelaskan mengenai teori Flowchart dan symbol – symbol yang digunakan,serta mpengertian dari Visual Basic.NET 2008
Bab III Analisa dan Pembahasan
Dalam bab ini penulis menjelaskan flowchart program tampilan output yang diinginkan, menu-menunya, dan hierarki program kemudian mengenai cara pembuatan kamus itu sendiri, serta tampilan kamus dan penjelasan menu-menu yang terdapat pada kamus elektronik tersebut. Konfigurasi minimal komputer yang diperlukan
Bab IV Penutup
Bab ini merupakan bab terakhir yang berisikan kesimpulan dari penulisan Ilmiah dan saran – saran dari Penulis.

~ oleh zenziko pada April 14, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: