Hindari 7 Aktivitas Setelah Makan

Hindari 7 Aktivitas Setelah Makan

Gizi.net – Sehabis makan langsung beraktivitas, kerap dipercaya sebagai salah satu cara melancarkan proses pencernaan. Padahal sih sebenarnya cara tersebut justru harus dihindari. Nggak cukup disitu. Karena masih ada beberapa cara lain yang selama ini diyakini baik-baik saja dilakukan seusai mengisi perut, justru harus dihindari. Apa sajakah aktivitas yang perlu dihindari?

1. Pertama, hindari merokok. Buat sebagian orang, merokok setelah makan membawa kenikmatan tersendiri. Padahal, hasil penelitian para ahli membuktikan kalau ,menghisap sebatang rokok saja seusai makan itu sama halnya dengan merokok 10 batang! Sehingga bias ditebak, risiko yang bakal mengintai. Yang pasti bukan saja mengganggu kesehatan paru-paru, tapi juga besar kemungkinan terbesar mengundang risiko serangan kanker.
2. Kedua, jangan minum teh. Kenapa? Karena daun-daun teh itu ternyata mengandung banyak asam. Substansi asam in bisa mengakibatkan kandungan protein yang terkandung dalam makanan yang dimakan akan segera mengeras. Akibanya, protein tersebut sulit dicerna. Jadi sebaiknya setiap kali usai makan, minum air putih saja.
3. Ketiga, jangan langsung memakan buah. Karena ternyata langsung memakan buah setelah makan itu bisa mengakibatkan perut menjadi kembung karena terlalu banyak air. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika memakan buah satu hingga dua jam setelah makan atau satu jam sebelum makan.
4. Keempat, tidak melonggarkan ikat pinggang setelah makan. Melonggarkan ikat pinggang konon dapat mengganggu kondisi usus terganggu dan melilit!
5. Kelima, jangan mandi. Mandi setelah makan ternyata bisa mengakibatkan meningkatnya aliran darah pada tangan, kaki dan tubuh. Sehingga jumlah darah di kawasan perut dan sekitarnya akan menurun. Tentu saja kondisi seperti ini bisa melemahkan system pencernaan dalam perut kita.
6. Keenam, jangan terlalu banyak jalan. Banyak orang bilang kalau berjalan sebanyak 100 langkah setelah makan itu bisa membuat umur kita panjang. Bahkan konon umur kita bisa mencapai hingga 99 tahun. Padahal, kenyataannya pendapat tersebut justru sebaliknya. Kenapa? Berjalan itu justru akan mengakibatkan system pencernaan tidak dapat menyerap nutrisi dari pasokan makanan yang dikonsumsi.
7. Ketujuh, jangan langsung tidur. Gara-gara tidur setelah makan, maka makanan yang kita konsumsi tidak bisa diterima oleh pencernaan dengan baik. Akibatnya lagi, usus kita justru akan terluka atau infeksi. Dan konon, tidur setelah makan itu bisa membuat tubuh makin menggelembung? (T-1/Asc)
Sumber : Suara Karya, Selasa, 9 Oktober 2001

~ oleh zenziko pada Maret 23, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: