Kenapa Kita Dianjurakan Menggunakan Software Open Source dalam Pembuatan Aplikasi?

Dalam setiap software, saat kita menginstall software tersebut pastilah ada suatu perjanjian atau Agreement yang bisa berisi macam-macam keterangannya, atau yang biasa kita sebut sebagai End User Licence Agreement. Walaupun sebagian besar, hanya scroll sampai bawah dan klik “I accept”, tanpa membaca dengan seksama.

Misalkan kita ingin membuat atau mengembangkan suatu software dengan software bajakan / yang tidak secara resmi kita beli, dengan VB, VB.NET, dan lain-lain. Hal pertama yang kita langgar adalah kita telah melanggar Hak Cipta, terlebih lagi jika kita menjual aplikasi buatan kita tersebut, jadi kita meraih untung dengan cara yang tidak halal (secara tidak langsung) karena kita menggunakan software yang tidak halal pula.

Software opensouce dari sisi pengguna memiliki kelebihan/ keunggulan antara lain :

1. GRATIS

Walaupun ga semua software opensouce itu gratis tapi 99,99 % software opensouce itu gratis. Karena gratis, kita sebagai mahasiswa yang notabanenya adalah seorang pelajar (rata” belum bekerja n masih mengandalkan orang tua) ga perlu membeli software yang asli, karena kita bisa mencarinya dan mendownload bebas di situs software tersebut dan situs sejenis yang menyediakan.

2. LEGAL

Sekarang ini dalam pembuatan skripsi kita harus mencantumkan lisensi dari software yang kita gunakan dalam membuat aplikasi. Hal ini, mungkin (sok mengira-ira) untuk meminimalisir tindakan pembajakan dan membeli barang bajakan. Selain itu, karena legal kita jadi memiliki kekuatan hukum dan memimalisir tuntutan di belakang kelak akibat kita memakai software yang tidak berllisensi. Selain itu,

3. TAHAN TERHADAP SERANGAN VIRUS

Dalam pembuatan skripsi, pasti mebutuhkan waktu dan pengorbanan yang sangat panjang, dan saat aplikasi yang kita buat dengan penuh perjuangan (lebay tp emang bener sih) tiba-tiba terhapus oleh orang yang takbertanggung jawab alias para pembuat virus.hmm pasti nyeek banget. Nah… oleh karena itu kita disarankan untuk menggunakan software yang open source karena software opensource ini lebih kebal trehadap virus.

Selain memiliki banyak keuntungan, Open Source Software juga memiliki kerugian, antara lain :

a. Tidak ada garansi dari pengembangan

Biasanya terjadi ketika sebuah project dimulai tanpa dukungan yang kuat dari satu atau beberapa perusahaan, memunculkan celah awal ketika sumber code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan.

b. Masalah yang berhubungan dengan intelektual property

Pada saat ini, beberapa negara menerima software dan algoritma yang dipatentkan. Hal ini sangat sulit untuk diketahui jika beberapa motede utama untuk menyelesaikan masalah software di patenkan sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual property.

b.Update yang cepat.

c.Tampilan UI yang kurang menarik (tetai sekarang sudah tidak kalah menarik dan user friendly).

~ oleh zenziko pada Maret 23, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: